RESUME SEMINAR CLOUD COMPUTING

IBM Indonesia mengadakan workshop untuk memperkenalkan dan membuat aplikasi dengan menggunakan layanan awannya, IBM Bluemix. Bisa dibilang Bluemix ini merupakanplatform yang menyediakan layanan kepada pelanggan, startup, maupun perusahaan untuk mengatur aplikasi dan datanya sendiri. Sedangkan infrastruktur seperti runtime, sistem operasi, jaringan, server, penyimpanan, virtualisasi, dan perangkat keras disediakan serta dirawat langsung oleh IBM.

dashboard ibm bluemix
Tentunya dengan adanya Bluemix ini startup maupun perusahaan tidak perlu repot dalam hal pengaturan dan perawatan terhadap aplikasi yang dibuat karena penggunanya dapat langsung mencoba membuat aplikasi dan menyimpan kode serta datanya secara awan pada Bluemix ini.
Dalam Bluemix ini pun penggunanya dapat langsung mengedit kode aplikasi maupun datanya secara langsung. Beberapa fitur yang terdapat pada Bluemix, antara lain infrastruktur yang pintar, keamanan, pengembangan serta analisis data besar, pengembangan serta uji coba aplikasi, Watson QA, analisis sosial, M2M (mesin ke mesin), dan Media.
Dijelaskan bahwa Bluemix memiliki katalog menarik dalam membangun aplikasi yang terdiri dari kategori “Starters”, “Services”, dan “AddOns”. Untuk kategori “Starters” ini menyediakan sub kategori “Boilerplates” yang terdiri dari “Java DB Web Starter”, “Java Web Starter”, “Mobile Cloud”, “Node JS Web Starter”, “Internet of Things Starter”, serta “Node-RED Starter”, dan sub kategori “Runtimes” yang terdiri dari “Liberty for Java”, “SDK for Node.JS”, “Ruby on Rails”, “Ruby Sinatra”, serta “Bring Your BuildPack”.
Untuk kategori “Services”, Bluemix ini memiliki sub kategori “Mobile”, “Web and Application”, “Data Management”, “Big Data”, “Business Analytics”, dan “Internet of Things”. Selain itu, untuk kategori “AddOn” memiliki sub kategori yang terdiri dari “DevOps” dan “Integration”. Dalam kategori katalog ini, pelanggan akan dikenakan biaya per GB-jam untuk kapasitas yang digunakan. Apabila pembaca tertarik mencoba pertama kali dapat melakukan registrasi untuk menggunakan Bluemix secara uji coba 30 hari tanpa dikenakan biaya.

Comments

Popular posts from this blog

Resensi "Padang Ilalang di Belakang Rumah"

PENGERTIAN IMBIBISI ADALAH...